Cara Efektif dan Ampuh Pemberian Motivasi Oleh Pemimpin

Cara Efektif dan Ampuh Pemberian Motivasi Oleh Pemimpin
Cara Efektif dan Ampuh Pemberian Motivasi Oleh Pemimpin

Komponen yang paling penting dalam sebuah organisasi adalah sumber daya manusia. Organisasi memang sangat banyak sekali macamnya, seperti perusahaan, sekolah, kantor dan masih banyak lagi. Dari semua organisasi tersebut peran dari seorang pimpinan sangatlah penting. Karena keberhasilan dari sebuah perusahaan, sekolah, dan kantor berada pada peran kepala sekolah. Salah satu peran yang sangat penting dan harus dilakukan oleh kepala sekolah yaitu harus bisa menggerakkan pada pegawainya. Adanya sinergi antara pemimpin dan juga pegawai atau karyawan merupakan faktor atau komponen yang sangat utama dan pertama dalam keberhasilan sebuah organisasi perusahaan, sekolah dan juga kantor. Sebagai seorang pemimpin tentu menginginkan untuk mempunyai karyawan yang sangat handal dan juga memiliki komitmen tinggi. Karena dengan kedua hal tersebut bisa mendukung keberhasilan dan kemajuan dalam sebuah organisasi seperti perusahaan. Namun hal tersebut terbilang cukup sulit, karena setiap orang tentu memiliki karakter yang berbeda. Ada yang memiliki komitmen tinggi dan ada juga yang memiliki komitmen rendah. Itulah sangat diperlukan kemampuan dari pemimpin untuk bisa memberikan dorongan supaya para karyawan bisa bekerja secara profesional dengan komitmen yang tinggi.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh pemimpin yaitu memberikan motivasi. Bisa dibilang motivasi ini sangat penting sekali untuk diberikan. Seorang pemimpin harus mengetahui dan juga peka terhadap keadaan dari karyawannya. Kapan motivasi tersebut harus diberikan. Meskipun pemberian motivasi tidak bisa diberikan setiap saat, tetapi pastikan bahwa sebagai seorang pemimpin pernah memberikan untuk para karyawannya. Misalnya saja memberikan motivasi pagi sebelum memulai pekerjaan di kantor. Apabila Anda memperhatikan seorang pegawai atau karyawan tidak bersemangat atau mengalami penurunan kinerja bisa dikatakn bahwa mereka mengalami kekurangan motivasi dalam bekerja. Memang sangat banyak sekali bentuk dari pemberian motivasi yang bisa dilakukan seorang pemimpin kepada para karyawannya. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara pemberian motivasi yang efektif dan ampuh dari seorang pemimpin kepada karyawannya.

Pertama yang bisa dilakukan seorang pemimpin yaitu memberikan motivasi pagi. Perlu Anda ketahui memberikan motivasi sebelum melakukan pekerjaan sampingan di pagi hari sangat efektif sekali untuk membangkitkan semangat dari para karyawan sebelum memulai pekerjaan. Motivasi tersebut bisa dibentuk atau diberikan dengan cara melakukan morning briefing. Cara untuk melakukan yaitu dengan mengumpulkan semua karyawan dalam satu tempat. Semua karyawan harus melingkar secara rapat. Harus ada satu orang yang memimpin morning briefing tersebut. Bisa dari pempin utama secara langsung atau bisa juga pemimpin setiap divisi kerja. Dalam kegiatan morning briefing tersebut harus seorang pemimpin harus menyampaikan kata-kata motivasi yang bisa membangkitkan semangat kerja dan komitmen. Selain itu, bisa juga mempersilahkan karyawan untuk menyempaikan kesulitan bekerja yang dihadapi. Melalui kegiatan tersebut mampu menciptakan suasana atau hubungan yang akrab antara pemimpin dengan karyawan, serta antara karyawan satu dengan karyawan yang lainnya. Melalui hubungan yang akrab tersebut mampu menciptakan iklim kerja dalam organisasi yang kondusif dan juga efektif.

Cara melakukan motivasi yang kedua bisa dengan memberikan masukan kepada para karyawan. Sebagai seorang pemimpin harus mengetahui kinerja dari masing-masing karyawannya. Apabila seorang karyawan melakukan kesalahan, maka sewajarnya seorang pemimpin harus memberikan masukan. Hal tersebut bertujuan supaya si karyawan bisa belajar untuk kedepannya sehingga membuat kinerjanya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dari masukan yang diberikan oleh pemimpin tentu akan membuat si karyawan menjadi lebih termotivasi untuk bisa memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Anda harus memberikan masukan kepada karyawan dengan tutur kata yang sopan. Karena tidak semua karyawan bisa menerima karakter kepemimpinan dengan gaya hidup yang otoriter. Anda harus bisa menjadi seorang pemimpin yang mampu menciptakan suasana harmonis melalui hubungan sosial yang baik dengan karyawan. Motivasi ketiga yang bisa diberikan yaitu dengan cara membantu karyawan melakukan perencanaan karir. Kenginan dari setiap karyawan pastinya yaitu memiliki karir jabatan yang lebih baik. Karena kenaikan jabatan menjadi salah satu motivasi besar bagi karyawan dalam bekerja supaya bisa mendapatkan jabatan yang lebih baik. Sebagai seorang pemimpin tentu Anda tidak boleh mengabaikan hal tersebut begitu saja. Anda harus melakukan penilaian kinerja dari seorang karyawan secara tepat. Karena tidak dipungkiri melalui perencanaan karir dapat berpengaruh besar terhadap peningkatan kinerja yang dilakukan oleh seorang karyawan. Anda bisa merencanakan training atau pelatihan dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan.

Motivasi keempat yang bisa diberikan yaitu dengan memberikan apresiasi terhadap peningkatak kinerja dari karyawan meskipun tidak terlalu besar. Anda harus bisa menjadi seorang pemimpin yang sangat menghargai segala usaha yang telah dilakukan oleh karyawan. Itulah mengapa sangat penting sekali untuk memperhatikan peningkatan kinerja seorang pegawai supaya bisa mengetahuinya. Apabila Anda menemukan peningkatan kinerja meskipun itu tidak terlalu banyak tetap harus dihargai dengan cara memberikan apresiasi kepada karyawan tersebut. Pemberian apresiasi juga sangat penting sekali karena bisa meningkatkan motivasi kerja dari karyawan. Karena seseorang akan merasa sangat dihargai sekali melalui apresiasi, apalagi diberikan secara langsung oleh pimpinan. Bentuk apresiasi kerja ini patut diberikan supaya seorang pemimpin tidak hanya memberikan tuntutan saja. Dan juga bisa dibilang akan sia-sia jika Anda hanya menuntut karyawan untuk selalu belajar sedangkan Anda sebagai seorang pemimpin tidak memberikan masukan atau sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerjanya.

Motivasi yang kelima yaitu dengan memberikan perhatian atau human touch. Siapa yang tidak suka jika diberikan perhatian? Sebagai seorang karyawan tentu akan merasa sangat senang sekali jika diberikan perhatian yang lebih oleh pemimpinnya. Itulah yang juga harus Anda lakukan kepada karyawan. Perhatian atau kepedulian memang sangat perlu dilakukan, namun tentu harus dalam batasan yang wajar. Bentuk perhatian atau kepedulian itu bisa dilakukan dengan cara memberikan cuti kepada karyawan karenan memang sudah menjadi haknya. Cuti tersebut bisa diberikan ketika karyawan sedang mendapatkan bencana atau musibah. Anda harus bisa menunjukkan rasa simpati sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada karyawan. Motivasi yang keenam yaitu dengan membuat rencana refreshing atau gathering bersama dengan karyawan. Quality time tentu tidak banyak bisa dilakukan dengan keluarga maupun teman saja. Tetapi juga bisa dilakukan bersama dengan karyawan tempat Anda memimpin pekerjaan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membangun keakraban yang dilakukan diluar jam pekerjaan di kantor. Meskipun quality time tersebut hanya sekedar dilakukan dengan berkumpul dan ngobrol di cafe atau makan bersama di restaurant namun hal tersebut sangat berguna sekali. Tentu ketika berkumpul bersama di luar jam kerja jangan membahas mengenai pekerjaan supaya benar-benar bisa tercipta quality time. Anda juga bisa merencanakan melakukan liburan bersama dengan karyawan ketika musim libur panjang telah tiba.