Jaringan Li-Fi yang 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi

Jaringan Li-Fi yang 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi
Jaringan Li-Fi yang 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi

Teknologi semakin berkembang dan tak bisa dipungkiri. Waktu semakin cepat berjalan dan semuanya serba menuntut hal yang super cepat. Bahkan, kecepatan jaringan pun telah semakin cepat dengan adanya jaringan Li-Fi yang punya kecepatan hingga 100 kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi. Teknologi nirkabel baru ini mampu mempercepat terpenuhinya akses internet untuk berbagai keperluan. Berikut ini beberapa keunggulannya.

1.    Menggunakan Cahaya untuk Transmisi
Pada teknologi Li-Fi, diterapkanlah sistem transmisi data menggunakan media cahaya. Dengan cara itu, maka kecepatan akses data internet menjadi lebih cepat, bahkan bisa 100 kali lebih cepat dari Wi-Fi yang menggunakan gelombang radio. Kecepatan ini setara dengan men-download 18 film yang masing-masing berkapasitas 1,5GB dalam 1 detik. Wow, keren!

2.    Memudahkan dalam Mengakses Data di Mana Saja
Kemudahan dalam mengakses data sangat terjamin dalam sistem Li-Fi. Bagaimana bisa? Hal ini bisa dilakukan karena cahaya bisa dihadirkan walau dalam wilayah terpencil, asalkan ada sumber listrik. Pengadaan sumber listrik sebagai sumber cahaya bisa lebih memungkinkan dibandingkan dengan pengadaan gelombang radio yang umumnya kurang stabil.

Selain itu, kecepatan gelombang cahaya jelas lebih cepat dibandingkan gelombang radio, sehingga jika sinyalnya terbatas, teknologi Li-Fi yang berbasis media cahaya tetap bisa mengakses data dengan cepat. Hal ini sangat memudahkan bagi Anda untuk mengakses internet untuk memenuhi kebutuhan Anda di mana saja dan dalam kondisi apapun.

3.    Tidak Mengganggu Sinyal Radio
Teknologi Li-Fi ini berbeda dengan Wi-Fi. Selain sinyalnya lebih cepat, teknologi Li-Fi tidak menggunakan gelombang radio. Karena menggunakan media cahaya sebagai jalan untuk transmisi data, sinyal radio menjadi tidak terganggu. Dengan demikian, komunikasi dalam pesawat terbang tetap stabil dan tidak mengalami gangguan.

4.    Tingkat Keamanan Lebih Baik
Media transmisi data milik teknologi Li-Fi ini adalah cahaya, sehingga bisa meningkatkan keamanan atas penggunaan data. Hal ini bisa terjadi karena cahaya tidak bisa menembus dinding, sehingga pengintaian ataupun pencurian terhadap data dari pihak eksternal yang tidak bertanggung jawab bisa dicegah. Dengan demikian, data dapat lebih aman.

Itulah informasi seputar keunggulan teknologi Li-Fi yang punya kecepatan berkali lipat jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Dengan demikian, kebutuhan akses data internet bisa lebih cepat dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.


Jaringan seperti ini jelas akan mendukung kehidupan berbasis teknologi dan online yang memang diprediksi akan semakin booming di masa mendatang. Tidak akan ada lagi keluhan seputar koneksi internet yang lambat. Hidup akan semakin cepat. Segera siapkan diri Anda untuk menyambut gagasan-gagasan baru dalam dunia teknologi seperti jaringanLi-Fi ini.